-->

Resep Bebek Betutu Kuah

Resep Bebek Betutu Kuah

Sudah lama saya hendak membuat masakan ini, tepatnya sejak resep ayam betutu panggang yang pernah saya hadirkan resepnya di JTT, bisa diklik pada link disini, banyak digemari pembaca JTT. Masakan bernama betutu ini biasanya hadir dalam dua versi, dipanggang sehingga bumbu menempel di seluruh permukaan ayam atau bebek, atau berkuah nyemek seperti postingan yang saya hadirkan kali ini. Kendala utama hendak membuatnya semata-mata karena malasnya membayangkan mempersiapkan bumbu yang 'segambreng' banyaknya. Yep, jika berbicara mengenai masakan bernama betutu maka bumbunya komplit dan banyak. Bumbu banyak membuat masakan menjadi bergelimang bumbu yang pekat sehingga terlihat menggugah selera. 

Dulu ketika membuat versi panggangnya (saya memanggangnya di oven), semua bumbu saya cincang di telanen hingga kesepuluh jemari tangan terasa terbakar cabai. Orang Jawa menyebutnya 'wedhangan' karena rasa panas seperti 'wedhang' bahasa Jawa untuk minuman yang panas. Alasan saya mencincangnya semata-mata karena blender yang sedang rusak dan saya enggan melakukan proses ulek-mengulek yang sering membuat 'gempor'. Kini saya mengandalkan food processor yang hanya memproses semua bumbu tersebut dalam 1 menit saja. Di resep betutu panggang, bumbu tercincang yang dimasak lama memang akan membuat tampilan masakan menjadi sangat menarik karena gelimangan bumbu kasar yang menempel di seluruh permukaan ayam/bebek, tapi menghaluskannya langsung dengan blender juga akan memberikan hasil yang sama mantapnya. 

Resep Bebek Betutu Kuah

Klik untuk baca selanjutnya...

0 Response to "Resep Bebek Betutu Kuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel